Sandwich Panel PU / Polyurethane




DEFINISI DAN SEJARAH POLYURETHANE 

Polyurethane memiliki bentuk dan karakteristik yang sama dengan busa atau foam. Bahan dasar material tersebut dihasilkan dari pencampuran dua bahan kimia, yakni Isocynate dan Polyol yang akan membentuk foam setelah bereaksi.

Material ini bisa ditemukan dalam berbagai bentuk, mulai dari busa lentur, busa keras, pelapis anti bahan kimia, penyekat, bahan perekat dan elastomers.


Polyurethane awalnya diciptakan sebagai pengganti dan pelapis karet, besi, kayu, plastik dan bahan lain yang semakin langka. Polyurethane sering dimanfaatkan sebagai pengisi kertas dan mostar pada industri pakaian tahan udara, pelapis anti karat pada besi, kayu dan bagian bangunan yang dibuat dari batu (seperti tembok dan pondasi) serta bahan pengkilat untuk finishing pesawat terbang.

Polyurethane berperan dalam mengisolasi temperatur dan dapat menjadi bahan penyerap suara serta bahan konstruksi. Saat ini, Polyurethane telah diproduksi dan digunakan dalam skala industri. Dengan mengembangkan polyurethane yang berbiaya rendah, material tersebut bisa digunakan untuk membuat kain pelapis dan penerapan di bidang lainnya, seperti industri otomotif.

Polyurethane juga dikenal sebagai material yang hemat energi dan membuat pengeluaran atas perawatan dan perbaikan mesin maupun peralatan pabrik jadi lebih murah dan efisien karena sifat dan kelebihannya.


SANDWICH PANEL PU (POLYURETHANE)


Sandwich Panel PU ( Polyurethane ) Merupakan Perkembangan dari sandwich Panel EPS dkk. Sandwich Panel PU memiliki isi yang sangat keras karena melalui proses pressing sedemikian rupa sehingga memiliki thermal conductivity tinggi. Sandwich Panel PU memiliki tekstur dan struktur mirip dengan EPS. Yang membedakan hanya isi dan bahan baku yang dicampurkan.

Sandwich Panel PU ( Polyurethane ) sendiri sangat cocok untuk di gunakan pada jenis Cold Storage atau Ruangan yang Membutuhkan Kestabilan Suhu Tertentu. Dimana Sifat Dari PU dapat menyimpan suhu yang baik. PU Sendiri memiliki ketahanan yang bagus juga untuk dijadikan sebagai bahan Cold Storage.


PT Abadi Ario Sekawan menyediakan Sandwich Panel PU yang memiliki kualitas baik dan tahan lama. Dimana Sandwich Panel PU sangat banyak di gunakan oleh perusahaan – perusahaan yang memerlukan Cold Storage. 


kelebihan Sandwich Panel PU yang Dimiliki adalah sebagai berikut

  1. Kemampuan Meredam suhu yang bagus dan isolasi yang baik
  2. Kualitas Bahan yang Sangat Baik
  3. Tentunya Anti Karat dan Anti Air
  4. Mudah dibentuk dan dicetak.
  5. Mudah digunakan, karena cukup disemprot saja.
  6. Fleksibel dan dapat menyesuaikan kondisi apapun, termasuk temperatur atau suhu rendah.
  7. Tahan terhadap keburukan yang disebabkan oleh oksigen, atmosfir dan ozon.
  8. Tahan terhadap oli dan beberapa bahan kimia lainnya.
  9. Kekenyalan sangat baik.
  10. Kuat akan beban dinamika.
  11. Kekerasannya beragam, mulai dari shore A sampai shore D.
  12. Tahan terhadap gesekan dan pukulan.
  13. Tidak mudah aus, sehingga material ini tahan lama.
  14. Tidak mudah rusak.
  15. Cocok untuk heavy duty industry.
  16. Konstruksi cepat atau perbaikan gedung.
  17. Konstruksi dapat dilakukan setiap saat sepanjang tahun, hampir tanpa ketergantungan pada suhu.
  18. Nilai tinggi isolasi termal (nilai konduktivitas panas dari 0,022 W / Mk).
  19. Keamanan ekologis, higienis, bagi manusia.
  20. Beban rendah di atas fondasi konstruksi.
  21. Transportasi mudah.
  22. Tidak perlu finishing tambahan.
  23. Isolasi suara yang tinggi.
  24. Kemungkinan digunakan dalam industri makanan dan madu. institusi.
  25. Tidak adanya reaksi terhadap pengaruh zat kimia agresif atau faktor biologis (jamur, jamur).
  26. Harga murah dibandingkan dengan analog (bata, beton, kayu).


DEFINISI SANDWICH PANEL

Bahan bangunan yang memiliki struktur tiga-lapis yang terdiri dari dua lembar bahan padat keras (logam, PVC, fiberboard, piring magnesit) dan diantaranya lapisan isolasi. Semua bagian panel sandwich direkatkan dengan tekanan panas atau dingin. Tergantung pada tujuan, akan digunakan sebagai panel atap atau panel dinding.

Dalam konstruksi perumahan, panel sandwich digunakan untuk pembangunan struktur dinding atau atap yang dirakit secara cepat. 

Dalam konstruksi bangunan komersial, panel sandwich digunakan untuk pembangunan bangunan prefabrikasi berdasarkan pada rangka baja, misalnya: lokasi industri, mobil, pusat perbelanjaan, bangunan pertanian, bangunan peternakan, bangunan laboratorium, fasilitas olahraga, dll. Panel sandwich dengan lapisan logam digunakan sebagai konstruksi yang menghubungkan bangunan.


Bahan isolasi yang sering digunakan:

  • wol mineral (serat basal)
  • busa poliuretan PUR (poliisosianurat PIR)
  • polystyrene diperluas
  • fiberglass
  • polypropylene
  • Juga ada panel atas dasar lapisan anti panas yang terbuat dari busa poliisosianurat. Namun hingga saat ini, produk ini sedikit diketahui.


SEJARAH SANDWICH PANEL 

Pada tahun 1930, arsitek Amerika Frank Lloyd Wright pertama kali menggunakan panel sandwich dengan madu dalam proyek berlantai satu pondok «Unsonian», yang dirancang sebagai contoh perumahan ekonomi. Panel sandwich yang dikembangkan oleh Wright memiliki sejumlah kelemahan, tetapi tujuan utama dari penemuan ini adalah untuk menggabungkan estetika dan kemudahan penggunaan dalam panel.

1950 arsitek Amerika Alden B. Dow [en] (Alden B. Dow), dan saudara murid Wright CEO «Dow Chemical», menciptakan ergonomis tiga lapis panel sandwich dengan polyester dan dilapisi kayu lapis. Bahan ini digunakan untuk membangun rumah The Sandwich Panel House, juga dikenal sebagai Paul N. Sutton Residence di 4619 Concord Court di Midland, Michigan.

Pada bulan Mei 1959, perusahaan Amerika Koppers Inc. Untuk pertama kalinya memulai produksi massal panel-panel sandwich untuk pembangunan bangunan tempat tinggal. Untuk melakukan ini, perusahaan mengubah toko bekas Pabrik Mobil Hundson di Detroit. Panel sandwich di bawah merek Dylite diproduksi atas dasar polystyrene, serta kayu lapis.

Pada 1960-an, perusahaan Amerika Alside Home Program mampu secara signifikan mengurangi waktu produksi panel sandwich dari beberapa jam hingga 20 menit. Namun, permintaan panel sandwich tidak signifikan, sehingga perusahaan segera bangkrut.

Sejarah sandwich panel PIR dan PUR

Menurut asosiasi EPIC (Engineered Panels in Construction), teknologi panel sandwich yang diisi dengan busa poliuretan polyisocyanurate (PIR) dan busa poliuretan (PUR) muncul pada 1970-an. Hingga pertengahan 80-an, panel semacam itu dipasang langsung di lokasi konstruksi, tetapi pada awal 90-an panel sandwich pertama dengan pengisi busa poliuretan muncul sebagai produk akhir. Pada akhir tahun 90an panel tersebut sudah menempati 40% pasar panel sandwich.

Prospek untuk pengembangan

Salah satu bidang yang menjanjikan untuk pengembangan panel sandwich adalah pembuatan panel yang menghasilkan listrik. Secara khusus, di Swiss, pada tahun 2009, teknologi dikembangkan untuk produksi panel sandwich dengan fotosel Flexcell. Photocell dilindungi oleh lapisan fiberglass. Bagian dalam panel sandwich diisi dengan polimer berbusa. Panel sandwich semacam itu digunakan untuk pembangunan salah satu gedung Sekolah Politeknik Federal di Lausanne (Swiss).



Kami menyediakan sandwich panel murah dengan kualitas terbaik. Banyak merk sandwich panel merk dipasaran seperti Bondor, Sanwa Prefab, Sinar Inti Panel. Kami menerima pekerjaan sandwich panel seluruh Indonesia. Sandwich Panel Jakarta, Sandwich Panel Bandung, Sandwich Panel Semarang, Sandwich Panel Surabaya, Sandwich Panel Sumatra, Sandwich Panel Lampung, Sandwich Panel Riau, Sandwich Panel Medan, Sandwich Panel Aceh, Sandwich Panel Balikpapan, Sandwich Panel Samarinda, Sandwich Panel Kalimantan, Sandwich Panel Sulawesi, Sandwich Panel Makassar, Sandwich Panel Manado, Sandwich Panel Maluku, Sandwich Panel Ternate, Sandwich Panel Flores, Sandwich Panel Papua.

Harga sandwich panel terbaru 2020. Silakan kirimkan gambar layout ke email melalui kontak di website kami.