ISTILAH DALAM INSULASI


  1. Sandwich Panel adalah bahan bangunan yang memiliki struktur tiga-lapis yang terdiri dari dua lembar bahan keras (logam, PVC, fiberboard, piring magnesit) dan diantaranya lapisan isolasi. Semua bagian panel sandwich direkatkan dengan tekanan panas atau dingin. Tergantung pada tujuan, panel atap dan dinding dibedakan.
  2. Foodgrade adalah satu istilah untuk menjelaskan golongan material yang layak dipakai untuk memproduksi perlengkapan makan. Suatu material dianggap Food Grade apabila material tersebut tidak akan memindahkan atau mentransfer zat-zat yang berbahaya/beracun ke makanan yang akan kita makan.
  3. R-Value adalah ukuran daya tahan suatu produk terhadap panas. Tampilan dimana suatu produk insulasi dapat meredam perpindahan panas. Semakin tinggi nilai R, semakin baik suatu produk untuk meredam panas.
  4. Konduktivitas Panas / Termal adalah ukuran daya tahan suatu produk terhadap panas. Tampilan dimana suatu produk insulasi dapat meredam perpindahan panas. Semakin tinggi nilai R, semakin baik suatu produk untuk meredam panas.
  5. Airtightness adalah kemampuan suatu bahan untuk menahan masuk atau keluarnya udara akibat kebocoran ataupun sekat-sekat antar bahan yang tersusun.
  6. Weathertightness adalah kemampuan suatu bahan untuk menahan masuk atau keluarnya udara akibat adanya perubahan cuaca.
  7. PVDV adalah Polyvinylidene fluoride, atau polyvinylidene difluoride, (PVDF) adalah termoplastik yang sangat tidak reaktif.  Fluoropolimer yang dihasilkan oleh polimerisasi vinilidena difluorida PVDF adalah plastik khusus yang digunakan dalam aplikasi yang membutuhkan kemurnian tertinggi, serta ketahanan terhadap pelarut, asam dan basa. Dibandingkan dengan fluoropolimer lainnya, seperti polytetrafluoroethylene (Teflon), PVDF memiliki kerapatan rendah (1,78 g / cm3). Biasa digunakan untuk produk perpipaan, lembaran, tabung, film, piring dan isolator untuk kawat premium. Ini bisa disuntikkan, dicetak atau dilas dan biasanya digunakan di industri kimia, semikonduktor, medis dan pertahanan, sertabaterai lithium-ion.
  8. Fire Retardant / Fire Grade / Fire Retardant Materials adalah zat selain air yang dapat mengurangi resiko bahan untuk terbakar atau dapat melambatkan proses pembakaran bahan tersebut. Biasanya dapat diartikan sebagai bahan retardant kimia, tetapi juga dapat mencakup zat yang bekerja dengan tindakan fisik seperti pendinginan bahan bakar. Dapat digunakan untuk melapisi suatu objek agar tidak mudah terbakar